Cara Melakukan Blok Semua Text pada Saat Fokus Textbox VB6 - Testing Blogging

Header Ads

Cara Melakukan Blok Semua Text pada Saat Fokus Textbox VB6

Blok Semua Text pada Saat Fokus Textbox VB6

Pada saat membuat program aplikasi, khususnya pada saat akan melakukan input dengan komponen Textbox di VB6, tentu kita akan memberikan fasilitas kepada operator agar lebih mudah dalam mengisikan atau mengedit data-data dalam komponen Textbox. Sehingga kita tidak perlu menggunakan mouse atau keyboard seandainya kita akan melakukan blok pada semua text yang sebelumnya telah tertampil dalam Textbox. Hal ini dilakukan pada saat event GotFocus dari komponen Textbox.

Dari pengalaman saya, secara umum ada 2 (dua) cara yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut, yaitu dengan menggunakan Property SelStart dan SelLength dari textbox atau dengan menggunakan sebuah perintah/command SendKeys.

Property SelStart dan SelLength

Property SelStart berfungsi untuk menempatkan kursor pada posisi tertentu dari text pada Textbox dan SelLength berfungsi melakukan blok sejumlah text pada Textbox yang kita tentukan. Sehingga untuk melakukan blok dengan Property tersebut dilakukan pada saat event GotFocus. Anda cukup menentukan posisi sel kursor di nomor 0 dan diblok sebanyak jumlah karakter dari text tersebut dengan menggunakan fungsi Len. Untuk itu berikut contoh melakukan blok text dari komponen Textbox dengan nama komponen txtNamaBarang, yaitu seperti kode program berikut ini:

Private Sub txtNamaBarang_GotFocus()
    txtNamaBarang.SelStart = 0
    txtNamaBarang.SelLength = Len(Trim(txtNamaBarang.Text))
End Sub

Perintah Sendkeys

Cara lain untuk melakukan hal tersebut diatas adalah dengan menggunakan perintah SendKeys, yaitu sebuah perintah yang berfungsi untuk memerintahkan keyboard secara otomatis menekan tombol tertentu. Coba anda lakukan penekanan tombol HOME tahan dan dilanjutkan dengan tombol END, pada saat GotFocus pada komponen Textbox yang telah berisi text, maka program akan melakukan blok pada seluruh text yang ada dalam Textbox.

Nah untuk hal tersebut maka perhatikan contoh kode program tersebut dibawah ini, yang dengan menggunakan perintah SendKeys akan berfungsi sama seperti seandainya anda menggunakan Property SelStart dan SelLength, yaitu sebagai berikut:

Private Sub txtNamaBarang_GotFocus()
    SendKeys "{HOME}+{END}"
End Sub

Itulah salah satu trik yang sebenarnya sangat sederhana tetapi sangat penting untuk digunakan dalam program aplikasi, sehingga hasil dari kode program yang kita susun lebih friendly dan mudah untuk digunakan oleh operator. Jika anda masih belum jelas tentang penjelasan tersebut diatas, anda bisa bertanya pada kami lewat Contact Form atau menggunakan dalam Komentar yang tersedia. Dan bagi yang masih awam tentang bahasa pemrograman VB6, anda bisa mengakses Tutorial VB6 yang telah kami posting sebelumnya.

No comments

Komentar Facebook
Komentar Disqus